Telephoning (Making and receiving telephone calls)

Mempelajari cara berkomunikasi dengan baik melalui telepon adalah salah satu prioritas utama bagi banyak siswa yang perlu menggunakan bahasa Inggris di tempat kerja. Mempelajari ungkapan-ungkapan umum yang digunakan pada telepon membantu siswa mengetahui apa yang diharapkan. Namun, yang paling sering dibutuhkan siswa adalah latihan, latihan, dan lebih banyak latihan. Menelepon membutuhkan keterampilan khusus karena ada sejumlah kesulitan yang muncul ketika menelepon yang khusus untuk menelepon. Kesulitan pertama dan terpenting adalah tidak dapat melihat orang yang Anda ajak berkomunikasi. Kurangnya komunikasi visual sering membuat siswa, yang dapat berkomunikasi dengan cukup sukses dalam situasi lain, gugup dan dengan demikian menghambat kemampuan komunikatif mereka. Tambahkan ke ini kecepatan sibuk khas komunikasi bisnis, dan Anda memiliki situasi yang sangat sulit.

Keuntungan dan kerugian berkomunikasi melalui telepon
Keuntungan :

  1. Hemat uang dan waktu
  2. Komunikasi dapat dilakukan - di mana saja dan kapan saja
  3. Hancurkan penghalang komunikasi jarak jauh
  4. Mempercepat bisnis


Kekurangan :

  1. Terbatas dengan perangkat dan koneksi
  2. Pembicara tidak dapat menampilkan objek visual


Saat ini saya memberikan beberapa contoh dialog mendalam tentang melakukan panggilan telepon dan menerima panggilan telepon.

1. Model Dialog Untuk Membuat Panggilan Telepon
Caller            : May I speak to Sarah Lee, please ?
Receiver        : May I know who’s calling, please ?
Caller            : This is Budiman Santoso
Receiver        : Wait a moment, Mr. Santoso. I’ll see if he is available at present. (A few second later)….. I’m sorry Mr. Santoso, but he is not in his office at the moment. Would you like to leave a message or call back later ?
Caller            : Oh, What a pity. Could you ask him to call me at 555 5656 please?
Receiver        : Anything else, sir ?
Caller            : No, thank you.
Receiver        : All right Mr. Santoso. I’ll ask him to call you as soon as he is available. Good bye Mr. Santoso.

Caller            : Goodbye.


2. Model Dialog Untuk Menerima Panggilan Telepon
You            : Mandala Corporation, good morning. May I help you ?
Caller         : Could you put me through to Mr. James, please ?
You            : May I know who’s calling, please ?
Caller         : This is Johny. Johny Andrean.
You            : I’m afraid he is not in his office right now. May I take a message ?
Caller         : Yes, please. Could you ask him to call me back when he is in ?
You            : All right, caller. Anything else, sir ?
Caller         : No, thank you.
You            : Right, Mr. Andrean. I’ll ask him to call you as soon as he is in.

REF :
https://spokenenglish4u14tips.blogspot.com/2012/02/making-and-receiving-phone-call.html [Diakses pada 08 Desember 2018]
Rustanta, Agustinus, Andreas Mari Sudarto. (2010). Developing Telephoning Skills. [online]. Jakarta: PT Grasindo. Tersedia di google buku.

https://books.google.co.id [Diakses pada 08 Desember 2018]

Komentar

Postingan Populer